- admin@belibelanja.com
Facebook  Twitter  Google +Plus  Pinterest  RSS Feed  Instagram
Jumlah = pcs
Keranjang

Baju Batik Jogja dan Baju Batik Solo

by

Mengenal Baju Batik Jogja dan Solo Lebih Dekat

Baju batik Jogja dan Baju batik SoloBaju batik merupakan baju tradisional dari Indonesia, bahkan sempat di ekspor ke luar negeri. Hal ini sangat membanggakan kita sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, apalagi presiden kita juga sering menggunakan batik pada saat pertemuan penting. Tak hanya presiden berbagai kalangan masyarakat baik itu pejabat kabupaten, pengusaha, guru, dan sebagainya. Batik juga sangat populer di kalangan masyarakat jawa, dan biasanya dipakai pada saat acara khusus seperti menghadiri pernikahan, acara peresmian bangunan, atapun keperluan foto model. Karena sangat digemari masyarakat Indonesia, maka penjualan batik secara online di internet sangat marak. Bahkan sekarang banyak tren batik terbaru seperti batik bola. Ini juga membuat batik juga bukan lagi barang murah karena keindahan dan kualitas kainnya. Sedangkan toko-toko penjual batik di kawasan Jogja sangat ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berburu oleh-oleh khas Jogja itu. Tak hanya di Jogja, batik juga terkenal dibuat  di berbagai wilayah di Jawa Tengah seperti Solo, Pekalongan, Banjarnegara, dan sebagainya. Namun Baju batik di setiap wilayah juga memiliki perbedaan dan kelebihan masing-masing, untuk itu marilah kita ketahui sedikit mengenai keunggulan batik di tempat yang terkenal batiknya seperti di Jogja dan Solo.

Baju Batik Jogja

Batik buatan daerah ini memiliki kualitas yang bagus dan desain yang banyak disukai orang. Ada pula ciri khas yang paling terlihat dari batik asli Jogja yaitu mempunyai latar putih dan mempunyai bermotif kraton. Tapi tidak dipungkiri kalau baju batik Jogja juga memakai warna gelap yang biasanya berwarna kebiruan. Untuk desain sendiri batik Jogja memiliki desain yang tegas dan akan menampakkan kesan gagah bagi peggunanya. Ada hiasan khusus yang melapisi batik ini yaitu prodo atau emas pada hampir seluruh coraknya. Untuk motif parang sendiri batik buatan Jogja memiliki jalur miring parang dari kanan atas menuju kiri bawah, namun untuk batik yang berkualitas bagus masih sulit untuk membedakan bagian depan dan belakangnya. Namun apabila si pemakai batik tersebut mengetahui cara pemakaian sesuai tradisi maka akan terihat perbedaanya. Baju Batik Jogja ini juga terkenal dengan batik tulis yang harganya tentu agak mahal. Kebanyakan batik tulis ini dijual di tempat-tempat tertentu misalnya pertokoan dan mall karena harganya yang cukup mahal.

Baju Batik Solo

Batik ini juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, dan juga banyak diburu oleh kalangan wisatawan. Solo memang memiliki tradisi hampir sama dengan Jogja karena adanya kraton Solo, dan juga pakaian khas seperti baju batik. Namun walaupun sekilas sama, batik buatan daerah ini memiliki ciri khas tersendiri yang juga digemari oleh konsumen. Dimulai dari warna, biasanya batik buatan daerah ini terlihat lebih gelap karena umumnya latarnya gelap dan berwarna cokelat keemasan. Pada bagian motif baju batik Solo memiliki motif bernama Truntum dan desain yang luwes yang terkesan tenang. Sama seperti Jogja batik ini dihiasi dengan prodo, tetapi tidak semua hanya sebagian ornamen dalamnya dan pada garis luar corak. Motif parang batik ini sangat  berlawanan dengan batik Jogja, karena jalur miring parang dari kiri atas menuju kanan bawah. Jadi sangat terlihat jelas batik yang buatan Solo maupun Jogja. Motif khususnya adalah berbentuk kerajinan dan pembuatannya secara cap jadi harga juga relatif murah. Baju batik ini juga mudah ditemukkan di mana saja karena harganya yang cukup murah itu.

Baju Batik dipasaran tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran baju anak sampai ukuran baju dewasa. Batik baju anak umumnya dipakai untuk menghadiri undangan yang sifatnya sekeluarga, sehingga kelihatan seragam.

– Sapta C –

share ya..Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Pin on Pinterest0
IDR 80.000
IDR 75.000
IDR 100.000
new
IDR 950.000
IDR 135.000
IDR 210.000