- admin@belibelanja.com
Facebook  Twitter  Google +Plus  Pinterest  RSS Feed  Instagram
Jumlah = pcs
Keranjang

Memilih Gaun Pengantin Yang Cocok

by

12 Tips Memilih Gaun Pengantin Yang Cocok

Apakah Anda berdebar-debar menunggu peristiwa sakral dalam hidup Anda? Ini adalah perasaan yang dirasakan oleh semua wanita di planet bumi ini. Pernikahan adalah momen impian yang dinantikan banyak wanita bahkan sejak mereka masih gadis belia. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita, tak sedikit calon mempelai pengantin meminta nasihat dari pasangan yang telah menikah, browsing internet, atau untuk sebagian orang yang berdompet tebal lebih memilih menggunakan jasa weeding organizer. Itu semua tak lepas untuk mewujudkan pernikahan impian mereka.

Tidak sabar menunggu datangnya hari H, takut, bingung adalah perasaan yang dirasakan oleh setiap pasangan yang sedang melakukan persiapan pernikahan. Bagi wanita, di momen yang indah ini mereka ingin terlihat sempurna, bagi sebagian masyarakat mengatakan Ratu Semalam. Layaknya seorang Ratu, tentu untuk tampil sempurna diperlukan memilih gaun pengantin yang membuat penampilan si calon pengantin semakin cetar membahana (mengutip jargon salah satu artis Indonesia yang sesuatu banget). Oleh sebab itu memilih gaun pengantin adalah hal paling penting bagi calon mempelai wanita meskipun hanya dipakai sekali seumur hidup.

Memilih Gaun Pengantin Yang Cocok Sesuai Bentuk Tubuh

Ada banyak hal yang menjadi perhatian calon pasangan pengantin baru dalam melakukan persiapan pernikahan, namun sama pentingnya dengan yang lain, Anda harus meluangkan waktu untuk memilih gaun pengantin yang menyempurnakan penampilan Anda, untuk itu untuk calon pengantin wanita, kami akan memberikan tips memilih gaun pengantin yang cocok di hari pernikahan.

Tips 1: Carilah Teman Atau Kerabat Wanita Menemani Memilih Gaun Pengantin

Meminta bantuan teman atau kerabat yang dengan senang hati menemani Anda untuk memilih gaun pengantin, karena pasangan Anda tidak mungkin bisa menemani Anda terus menerus memilih gaun pengantin, terlebih bila pasangan Anda adalah profesional muda yang karirnya sedang menanjak, tentu saja dia tidak mau terganggu dengan acara memilih gaun pengantin yang dapat menyita banyak waktunya. Selain itu pengetahuan fashion pria terbatas, mereka tidak akan banyak membantu Anda dalam memberikan pendapat ketika memilih gaun pengantin yang sempurna. Untuk itu carilah teman atau sahabat yang cukup dipercaya untuk memberikan pendapat tentang memilih gaun pengantin yang sesuai untuk Anda kenakan nantinya.

Tips 2: Tetapkan Anggaran Dan Konsisten Untuk Mengikutinya

Kita harus menetapkan anggaran untuk memilih gaun pengantin ini, apakah Anda memutuskan untuk membuat gaun pengantin pada desainer kenamaan ataukah menyewa gaun pengantin di bridal kepercayaan Anda. Semuanya itu harus dianggarkan meskipun kenyataannya anggaran tersebut hampir tidak pernah tepat. Anda mungkin akan mengeluarkan uang lebih banyak dari anggaran yang ditetapkan atau mungkin malah mengeluarkan uang lebih sedikit dari anggaran yang Anda tetapkan untuk memilih gaun pengantin yang cocok. Disinilah letak tantangannya, kita harus konsisten memilih gaun pengantin yang sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Dengan menentukan anggaran dapat membantu mengontrol diri dari dorongan ber-belanja secara royal untuk memperoleh gaun pengantin yang sesuai dengan harapan.

Tips 3: Memilih Warna Kain Pengantin

Pertimbangkan mengenai memilih warna kain pengantin yang akan dikenakan nantinya, apakah Anda ingin mengikuti tradisi dari daerah tertentu, ataukah tradisi barat yang memilih gaun pengantin warna putih, atau mungkin yang sesuai dengan warna favorit dan masih banyak lagi hal yang bisa dijadikan dasar dalam memilih warna kain pengantin yang sesuai untuk Anda. Mode tahun ini, sejumlah pengantin modern memilih warna kain pengantin yang warnanya bukan putih polos. Apapun pilihan warnanya, ini adalah pernikahan Anda, dan Anda akan memilih warna kain pengantin yang sesuai dengan kepribadian Anda, apakah itu biru atau bahkan hitam, sah-sah saja.

Tip 4: Memilih Gaun Pengantin Yang Panjangnya Sesuai

Memilih gaun pengantin panjang atau pendek kah yang Anda pilih, sesuaikan dengan tema acara pernikahan atau tradisi mana yang dipilih untuk resepsi pernikahan serta tempat resepsi pernikahan berlangsung. Indonesia adalah negara kepulauan dengan keanekaragaman suku bangsa dan setiap suku memiliki tradisi adat yang berbeda-beda, untuk itu sesuaikan panjang pendeknya gaun pengantin mengikuti tradisi yang Anda pilih, baik itu mengikuti tradisi dari mempelai wanita atau tradisi mempelai pria. Panjang pendeknya gaun pengantin juga ditentukan oleh tempat melangsungkan resepsi pernikahan, apakah outdoor atau indoor. Memilih gaun pengantin pendek disarankan pada acara resepsi pernikahan kasual dan outdoor seperti pernikahan kebun untuk alasan praktis, tentunya Anda tidak ingin berpenampilan buruk hanya karena gaun pengantin yang terkena lumpur atau ranting yang tersangkut di gaun pengantin. Dan untuk acara resepsi pernikahan yang dilakukan di tempat indoor, maka disarankan memilih gaun pengantin panjang yang akan memberi kesan elegan dan mewah penampilan Anda.

Tip 5: Memilih Gaun Pengantin Sesuai Dengan Lengan Atau Bahu

Saya hanya mengingatkan bahwa Anda akan terlihat sempurna jika Anda dengan tepat memilih gaun pengantin sesuai bentuk tubuh. Apalagi jika memutuskan untuk mengenakan kebaya di acara resepsi pernikahan, maka hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Jika sadar Anda memiliki lengan atau bahu lebar, maka tentunya ingin menutupinya dengan memilih gaun pengantin untuk bahu lebar. Dan hal yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus merasa nyaman ketika mengenakan gaun pengantin pilihan, karena Anda akan berada di kuade pengantin dalam waktu yang cukup lama.

Tips 6: Memilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh

Jika kita masuk ke salah satu bridal, maka kita akan disuguhkan begitu banyak pilihan gaun pengantin dengan style dan ukuran yang berbeda-beda yang akan membuat kita bingung untuk memilih. Usahakan untuk fokus memilih gaun pengantin sesuai bentuk tubuh, fokus pada keseluruhan bentuk tubuh Anda, dan bagian mana dari tubuh yang menjadi kekurangan Anda, itulah yang harus dipertimbangkan dalam memilih gaun pengantin sesuai bentuk tubuh. Misalnya, jika bentuk tubuh Anda seperti huruf V dengan bagian bahu yang menonjol dan pinggul kecil, maka pilihlah gaun pengantin yang membuat Anda terlihat feminim dan hindari memilih gaun pengantin yang terlalu ketat.

Tips 7: Menentukan Jenis Leher Baju Pengantin

Jenis leher gaun pengantin dapat mempengaruhi penampilan secara keseluruhan. Mungkin Anda akan dibuat bingung dengan banyaknya pilihan jenis leher baju pengantin namun semua itu bukanlah masalah besar jika Anda nyaman dan dapat menentukan gaun pengantin yang sesuai dengan bentuk leher dan dapat menyempurnakan penampilan. Ingat, sama dengan tips no. 6 yang perlu dipertimbangkan dalam memilih gaun pengantin adalah gaun pengantin dengan jenis leher baju pengantin dengan bentuk tubuh. Jika Anda memiliki lengan dan bahu yang indah serta memiliki payudara yang cukup membuat Anda terlihat menarik, maka gaun strapless (gaun yang memberikan potongan kemben pada bagian atas) adalah pilihan yang sangat tepat karena Anda akan semakin terlihat seksi. Jika bentuk tubuh Anda cenderung ramping, maka dapat memilih gaun pengantin dengan garis leher bateau / sabrina yang menonjolkan daerah payudara.

Tips 8: Pemilihan Jenis Kain Gaun Pengantin

Memilih gaun pengantin yang mengembang besar di bagian bawah (ball gown) yang terbuat dari bahan satin murni akan terlihat sempurna dengan dipadukan kain tulle (jenis kain yang seperti jaring kecil-kecil biasanya digunakan sebagai bahan membuat gaun pesta atau gaun pengantin) dibagian bawah. Memilih jenis kain gaun pengantin akan mempengaruhi penampilan secara keseluruahan. Karena jika Anda merasa tidak nyaman ketika mengenakan gaun pengantin yang terbuat dari kain tulle atau merasa gatal pada saat mengenakannya, hal ini sangat mempengaruhi penampilan, mengingat Anda akan berada di kuade untuk waktu yang cukup lama. Begitu banyak jenis kain gaun pengantin yang digunakan sebagai bahan membuat gaun pengantin, untuk itu mintalah saran pada wedding planner Anda mengenai jenis kain gaun pengantin yang disediakan pemilik butik untuk Anda pilih.

Tips 9: Tentukan Alat Transportasi Yang Digunakan Pada Acara Pernikahan

Ada banyak pilihan alat transportasi yang bisa digunakan, mungkin banyak yang memilih sebuah mobil untuk alasan kepraktisan. Atau mungkin Anda berencana menggunakan kereta kuda bak layaknya pernikahan putri raja, mengingat ini adalah pernikahan impian Anda. Apapun yang menjadi pilihan Anda, yang harus menjadi pertimbangan adalah gaun pengantin yang dikenakan karena jangan sampai Anda terjatuh hanya karena salah memilih alat transportasi. Misalnya, jika Anda memilih gaun pengantin dengan ekor yang panjang dan memilih menggunakan kereta kuda, tentu hal ini akan membuat sedikit kerepotan karena ruang dalam kereta kuda cukup sempit untuk gaun pengantin Anda.

Tips 10: Ukuran Gaun Pengantin Dan Perubahan Yang Diperlukan

Anda akan mengetahui lebih lanjut tentang hal ini ketika benar-benar menuju ke sebuah butik pengantin dan memutuskan untuk membuat gaun pengantin yang sesuai dengan keinginan. Anda mungkin sudah paham ukuran tubuh sebenarnya, tapi jangan terkejut jika mereka memilih gaun pengantin yang ukurannya lebih besar dari ukuran Anda sebenarnya. Ini bukan berarti butik pengantin itu salah dalam memberikan ukuran namun mereka memiliki cara yang berbeda untuk menentukan ukuran baju Anda. Ukuran baju didasarkan pada bagian tubuh terbesar Anda. Jika memiliki pinggul menonjol dan area payudara yang lebih kecil maka ukuran gaun pengantin akan didasarkan pada ukuran pinggul Anda.

Setelah memilih gaun pengantin, Anda perlu memeriksa apakah memang diperlukan perubahan agar sesuai dengan tubuh. Kebanyakan butik menganggap perubahan diperlukan untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Mintalah butik atau pemilik toko untuk memperkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk perubahan gaun pengantin, apakah perubahan ini sudah termasuk dalam service mereka atau akan dikenakan biaya ekstra.

Tips 11: Tambahan Hiasan Untuk Kesan Berkilau Dan Elegan

Hiasan gaun pengantin memiliki satu tujuan khusus, untuk memberikan nilai tambah dalam gaun pengantin. Tambahan hiasan pada gaun pengantin merupakan cara untuk membuat gaun Anda terlihat lebih unik dan modis. Tambahan pada gaun pengantin dapat dilakukan dengan menambahkan manik-manik dan mungkin beberapa bordir. Jika ingin gaun yang lebih feminin mungkin beberapa pita atau bunga dapat memberikan penampilan Anda semakin mempesona. Cari penjahit atau desainer gaun pengantin yang bagus untuk membantu memilih dengan tepat tambahan apa yang diperlukan untuk gaun Anda.

Tips 12: Apakah Membutuhkan Lebih Dari Satu Gaun Untuk Pernikahan

Jika Anda ingin memilih gaun pengantin muslimah, ada banyak model baju pengantin muslimah modern tersedia di bridal-bridal kota Anda. Jika Anda memilih pernikahan dengan adat jawa, tentu Anda akan membutuhkan lebih dari satu kebaya pengantin, misalnya kebaya untuk temu manten dan untuk resepsi pernikahan. Bahkan Anda memerlukan kebaya satu lagi untuk acara ijab kabul untuk yang beragama Islam atau acara pemberkatan bagi yang beragama Kristen. Pastikan sesi-sesi apa saja selama pernikahan yang membutuhkan Anda untuk memilih gaun pengantin yang berbeda.

Terapkan tips-tips beli belanja ini agar membantu ketika hendak memilih gaun pengantin yang cocok sesuai bentuk tubuh, sehingga penampilan Anda terlihat semakin sempurna dan dapatkan pesta pernikahan impian Anda!

– Sapta C –

share ya..Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Pin on Pinterest0
IDR 95.000
IDR 100.000
IDR 80.000
new
IDR 950.000
IDR 115.000
IDR 135.000